Biaya Ekspor Mahal? Simak Faktor yang Mempengaruhi Biaya Ekspor

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Insight

Bagi calon eksportir, memahami penjelasan dan rincian detail biaya ekspor merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui. Perhitungan biaya ekspor dapat menjadi rumit jika kita belum memahami faktor-faktor yang memengaruhi biaya ekspor tersebut. Harga ekspor yang terlalu tinggi akan mempengaruhi importir dalam mengambil keputusan. Bahkan, ada kemungkinan proses penawaran yang terjadi akan membuat bisnis ekspor menjadi kurang menguntungkan.

Komponen Biaya Ekspor

Penetapan biaya ekspor yang tepat tentu dapat memudahkan eksportir dalam mendapatkan kontrak dari importir. Untuk menentukan harga produk ekspor, perlu adanya perhitungan biaya ekspor secara efektif. Berikut adalah rincian biaya-biaya yang mempengaruhi cara menghitung biaya ekspor suatu produk:

  1. Harga Pokok Produksi (HPP)
    Cara yang paling penting untuk menghitung biaya ekspor suatu produk adalah dengan mengetahui Harga Pokok Produksi atau HPP. HPP dihitung berdasarkan biaya produksi ditambah dengan biaya operasional pabrik. Biaya produksi sendiri merupakan biaya yang dipakai selama produksi berlangsung. Misalnya bahan baku, bahan pendukung, dan upah pegawai. Sedangkan biaya operasional pabrik dapat meliputi biaya tak langsung, seperti oli mesin, listrik, minyak, gas, biaya perawatan mesin, dan peralatan. Cara perhitunggan biaya produksi perusahaan yang tidak memproduksi produknya sendiri tentu sangat berbeda. Bagi perusahaan yang hanya mengekspor dan tidak memproduksi, hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya pembelian produk, pengiriman barang ke gudang, dan banyak lagi.
  2. Biaya Pengemasan Produk
    Ketika akan melakukan ekspor sebuah produk, kualitas kemasan menjadi sama penting dengan kualitas produk itu sendiri. Hal tersebut juga semakin penting untuk dipertimbangkan saat menghitung biaya pengemasan agar tidak mengalami rugi. Biaya pengemasan dapat meliputi biaya pembelian kemasan, biaya pencetakan untuk label, biaya bahan, dan upah untuk karyawan yang mengemas produk Anda.
  3. Biaya Pembayaran Bank (Bank Charge)
    Dalam transaksi ekspor, pembayaran yang biasa digunakan adalah T/T (Telegraphic Transfer), L/C (Letter of Credit), dan CAD (Cash Against Documents. Setiap metode pembayaran melalui bank ini tentu akan dikenakan biaya yang berbeda-beda. Metode T/T biasanya akan dikenakan biaya berkisar USD 5-10 per transfer. Sedangkan, untuk metode L/C dan CAD, biasanya dikenakan biaya berkisar USD 75-150 per transfer. Biaya dapat berubah tergantung pada negara asal dan jenis bank yang digunakan oleh eksportir dan importir.
  4. Biaya Transportasi
    Biaya transportasi yang berlaku untuk pengiriman local dan internasional juga menjadi hal penting untuk dipertimbangkan. Agar jumlah total yang dihasilkan lebih akurat, setiap biaya yang dikeluarkan dalam setiap transaksi pelu dimasukkan dalam perhitungan biaya ekspor.
  5. Biaya Forwader
    Ketika menggunakan layanan forwarder atau penghubung antara eksportir dan importir, perlu diingat bahwa perusahaan memainkan peran penting dalam memperlancar proses transaksi dengan membantu mengelola dokumen dari gudang ke pelabuhan dan dari pelabuhan ke pengiriman di negara importir.
  6. Biaya Terminal Handling Charge (THC)
    THC merupakan biaya penanganan barang di Pelabuhan yang dihitung berdasarkan berat barang. Biaya ini hanya berlaku jika menggunakan full container.
  7. Biaya Pengurusan Dokumen Ekspor
    Biaya ekspor dari barang mewah seperti perhiasan dapat menjadi tinggi karena dokumen yang diperlukan untuk bea cukai. Eksportir harus mempertimbangkan biaya dokumen seperti sertifikat dan lisensi, yang dapat bervariasi tergantung pada negara tujuan, serta kebijakan dan persyaratan setempat. Jenis produk yang diekspor juga dapat memengaruhi biaya dokumen.
  8. Biaya Bea Keluar
    Bea keluar adalah pungutan negara berdasarkan Undang-Undang mengenai kepabeanan yang dikenakan terhadap barang ekspor. Dalam hal biaya bea keluar ditetapkan berdasarkan persentase dari harga ekspor.
    Jenis jenis produk yang di bebankan:
    – Kulit: 15 – 25% dari nilai invoice
    – Kayu: 2 – 5% dari nilai invoice
    – Biji kakao: 0 – 15% dari nilai invoice
    – Kelapa Sawit (CPO dan turunannya): 0 – USD 245/MT
    – Olahan mineral logam: 0 – 10% dari nilai invoice 
  9. Biaya Komisi Agen atau Broker
    Beberapa eksportir menggunakan jasa agen atau broker sebagai pihak ketiga yang mengurus bisnis ekspor mereka ke luar negeri. Agen dan broker membantu eksportir menemukan pembeli potensial dan mencapai kesepakatan transaksi dengan mereka. Komisi yang dihasilkan pun beragam tergantung kesepakatan dengan eksportir. Umumnya berkisar 2-5% dari nilai ekspor produk yang terjual.
  10. Biaya Pengiriman
    Tarif pengiriman juga harus dimasukkan ke dalam biaya ekspor. Biaya pengiriman ini beragam tergantung dengan jarak dan layanan yang digunakan. Beberapa cara dalam pengiriman barang ekspor:
    – Courier: Produk ekspor dengan berat kisaran 1 kg. Biaya ekspor berkisar USD 50 – 100/kg
    – Air cargo: Produk ekspor menggunakan pesawat dengan berat minimal 45 kg. Harganya berkisar USD 0.7 – 18/kg
    – Sea cargo less container load (LCL): Untuk berat barang ekspor minimal 1 MT menggunakan kapal laut. Biaya ekspor berkisar Rp 500 – 5,000 per kg
    – Sea cargo full container load (FCL): Pengiriman barang satu kontainer penuh oleh satu pengirim menggunakan kapal laut. Biaya ekspor berkisar Rp 450.000 – Rp 600.000 per kontainer
  11. Biaya Asuransi
    Biaya asuransi meliputi asuransi pengiriman dan asuransi pembayaran. Namun, mayoritas transaksi ekspor yang dilakukan tidak menggunakan asuransi pengiriman. Biasanya, biaya asuransi berkisar dari 0,1-0,5% total harga Cost and Freight (CFR)
  12. Biaya Lainnya
    Biaya lainnya dapat mencakup seperti biaya gudang. Jika kalian menyewa gudang, maka biaya sewa gudang harus dimasukkan ke dalam perhitungan biaya ekspor. Namun, jika memiliki gudang sendiri, maka biaya dihitung dari biaya penyusutan per bulannya. Jangan lupa juga untuk memasukkan biaya pemeliharaan gudang agar perhitungan biaya ekspor Anda lebih akurat.
RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8