Dongkrak Perekonomian, Pemprov Jatim Tingkatkan Fasilitas dan Layanan di 27 Pelabuhan Strategis

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Pelabuhan

Pemprov Jatim berkomitmen menjaga dan meningkatkan fasilitas di 27 pelabuhan strategis yang tersebar di sejumlah kota atau kabupaten untuk mendongkrang perekonomian.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) berkomitmen menjaga dan meningkatkan fasilitas di 27 pelabuhan strategis yang tersebar di sejumlah kota atau kabupaten. Tujuannya, untuk mendongkrang perekonomian lewat jalur logistik, perdagangan, hingga pariwisata.
“Saya mengajak provinsi lain untuk memanfaatkan pelabuhan di Jatim sebagai jalur logistiknya. Selain itu, pelabuhan ini diharapkan juga bisa menyokong sektor perdagangan dan pariwisata di Jatim,” tutur Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim pada Sabtu (17/6/2023).
Untuk mewujudkan visi tersebut, Khofifah menyatakan bahwa pemerintah bakal memaksimalkan pembangunan di sektor dermaga. Baik dari segi finansial, ataupun sinergitas dengan berbagai pihak terkait.
Adapun salah satu pelabuhan yang tengah digarap Pemprov Jatim adalah Pelabuhan Dungkek di Kabupaten Sumenep di Madura. Pelabuhan itu diharapkan mampu mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat Sumenep.

“Pelabuhan Dungkek sebentar lagi akan diresmikan. Jadi saya berharap kehadirannya betul-betul memberi peningkatan signifikan pada perekonomian masyarakat di Sumenep,” ujar Khofifah.

Pelabuhan Dungkek ini akan menjadi alternatif untuk Pelabuhan Kalianget. Sehingga diharapkan kegiatan bongkar muat penumpang serta barang di Sumenep dan Madura secara keseluruhan bisa lebih terkendali.

Menurut Gubernur Jatim, pembangunan Pelabuhan Dungkek menjadi infrastruktur vital yang menghubungkan Gili Iyang dan Gili Labak, selain untuk pemaksimalan layanan logistik dan transportasi.

“Kami optimis keberadaan Pelabuhan Dungkek bisa mempromosikan kearifan lokal sekitar,” terangnya.
Khofifah menjelaskan, Pelabuhan Dungkek ini dibangun dengan Bantuan Keuangan (BK) Pemprov Jatim. Selain itu pihak pemprov juga memfasilitasi perbaikan akses jalan di kawasan tersebut untuk mendukung mobilitas.
“Mudah-mudahan nantinya dapat benar-benar melayani masyarakat secara maksimal,” imbuhnya.

Tidak hanya Pelabuhan Dungkek yang sedang dibangun, 27 pelabuhan yang menjadi fokus Pemprov Jatim antara lain Telaga Biru di Kab. Bangkalan, kemudian pelabuhan Tanjung Wangi, Ketapang, dan Banyu Wangi/Boom di Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, ada pula Pelabuhan Gresik dan Bawean di Kabupaten Gresik. Diikuti oleh Brondong dan Tanjung Pakis di Lamongan. Sementara, Pacitan dan Pasuruan memiliki masing-masing satu pelabuhan dengan nama yang sama seperti kabupaten atau kota tersebut.

Kemudian Kabupaten Pamekasan punya Pelabuhan Branta dan Pasean. Kabupaten Sampang memiliki pelabuhan Glimandangin, Taddan, dan Pelabuhan Sampang. Sedangkan Kabupaten Situbondo memiliki pelabuhan Kalbut dan Panarukan.

Daerah dengan pelabuhan terbanyak yaitu Kabupaten Sumenep dengan total tujuh pelabuhan, yakni Kalianget, Masalembo, Sapudi, Sapeken, Kangean, Keramaian, dan Raas. Sedangkan, Kota Surabaya punya Pelabuhan Tanjung Perak yang telah menjadi ikon terkenal kota ini.

Selanjutnya di Probolinggo terdapat Pelabuhan Probolinggo dan Giliketapang. Secara khusus, seiring dengan Perpres No. 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan, Pelabuhan Probolinggo bakal dikembangkan menjadi pusat hub perdagangan dan konektor titik-titik pariwisata unggulan di Jatim.
Mantan Menteri Sosial itu juga mengharapkan agar pelabuhan-pelabuhan yang tersebar di berbagai daerah Jatim dapat menjadi pendorong ekonomi masyarakat.

"Keberadaan pelabuhan-pelabuhan ini diharapkan juga bisa menyokong sektor perdagangan dan pariwisata di Jatim," katanya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Khofifah memastikan akan berusaha memaksimalkan pembangunan dari segi finansial maupun melalui sinergitas dengan berbagai pihak terkait.

"Pembangunan pelabuhan-pelabuhan di Jatim melalui Bantuan Keuangan atau BK Pemprov Jatim. Selain itu, kami juga memfasilitasi dengan perbaikan jalan akses dan juga koordinasi dengan para pemangku kepentingan. Mudah-mudahan nantinya dapat benar-benar melayani masyarakat secara maksimal," ucapnya.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8