DPRD Kukar Minta Pemerintah Revisi Tata Kelola Pelabuhan Ambarawang

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Regulasi

DPRD Kukar minta pengelolaan pelabuhan Ambarawang diatur dalam revisi UU IKN.

Aset pemerintah daerah di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menjadi milik otorita. Namun, Kutai Kartanegara (Kukar) sebagai kabupaten induk IKN sedang memperjuangkan agar aset pemda di wilayah IKN tak berpindah tangan. Yakni, Pelabuhan Ambarawang (Ambalat) di Kecamatan Samboja. DPRD Kukar menyebut pelabuhan tersebut salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kukar.

Pada rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Senin (2/10/2023), Ketua DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Rasid menyampaikan, ada empat kecamatan Kukar yang ditetapkan masuk wilayah IKN. Yakni, Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Samboja Barat, Kecamatan Samboja, sebagian Kecamatan Loa Janan dan sebagian Kecamatan Loa Kulu.

Pada kecamatan yang masuk wilayah IKN itu, ada aset yang dibangun Pemkab Kukar. Yakni, Pelabuhan Ambarawang di Kecamatan Samboja.

“Tentunya harapan kami, Pelabuhan Ambarawang)m ini bisa tetap menjadi aset Pemkab Kukar. Karena ini menghidupi masyarakat yang ada di Kukar. Kalau IKN (ingin memiliki pelabuhan) sendiri, nanti pemerintah pusat yang akan membangun dan menyiapkan pembiayaan untuk itu. Karena kami harus memikirkan mencari PAD untuk membangun Kukar, ” katanya.

Staf ahli DPRD Kukar Aji Sofyan Effendi dalam kesempatan yang sama menambahkan, pada Pasal 32 UU 3/2022 tentang IKN, menerangkan bahwa barang milik daerah yang berada di IKN dialihkan kepada pemerintah pusat. Selanjutnya, ditetapkan sebagai barang milik negara dan/atau aset dalam penguasaan Otorita IKN.

Lalu pada Pasal 33, menerangkan bahwa kepala Otorita IKN, merupakan pengguna barang atas barang milik negara dan aset dalam penguasaan yang berada dalam pengelolaannya.
Kemudian aset daerah yang tercatat milik Pemkab Kukar dan berada di dalam wilayah IKN adalah Pelabuhan Ambarawang (Ambalat).

Aji menyebut, ada pembagian kewenangan pada pelabuhan ini. Pada sisi laut merupakan kewenangan Pemkab Kukar. Sementara sisi darat merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sejak 2012, Pelabuhan Ambarawang secara alami menjadi bagian aktivitas masyarakat Samboja.

“Saran revisi UU IKN adalah kerja sama pengelolaan antara Pemkab Kukar dan Otorita IKN. Kabupaten Kukar tetap menjalankan fungsi pemerintahan daerah dan pelayanan publik terhadap wilayah yang masuk dalam Otorita IKN. Sehingga Otorita IKN dapat fokus menjalankan fungsi pembangunan, pemindahan, dan pemeliharaan IKN,” saran dia.

Untuk itu, lanjut Aji Sofyan, kejelasan status dan kelanjutan pengelolaan Pelabuhan Ambarawang menjadi penting dan strategis. Karena sudah ada investasi dua belah pihak, baik Pemkab Kukar maupun Kemenhub. Ada pembagian sisi darat dan sisi laut.

Dalam perjalanannya, menghadapi hambatan krusial. Pemkab Kukar mengeluarkan anggaran investasi untuk membangun Pelabuhan Ambarawang sebesar Rp 344,18 miliar.

Sementara pada sisi darat, Kemenhub mengusulkan Rp 223,9 miliar. Akan tetapi, investasi tersebut belum mampu menghubungkan sisi laut dan sisi daratan. Membuat aktivitas bongkar muat barang maupun orang dan jasa di pelabuhan tersebut, belum berlangsung sebagaimana mestinya.

Mendengar penjelasan itu, anggota Komisi II DPR Endro Suswantoro Yahman menyampaikan menerima masukan DPRD Kukar dan akan mempelajari lebih jauh. “Termasuk juga kaitannya dengan barang milik daerah dan sebagainya. Nanti kami selesaikan. Karena UU IKN ini, baru disahkan rapat kerja tingkat satu. Belum tingkat dua. Nanti diatur juga peraturan turunannya, dalam bentuk PP. Dan barang milik daerah ini, nanti akan dikomunikasikan lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan, masukan DPRD Kukar akan didiverifikasi dan didalami lagi.

Dia juga meminta agar dipersiapkan hal-hal penting yang menjadi pokok-pokok pikiran revisi UU IKN. Meskipun RUU tentang perubahan UU IKN, segera disahkan menjadi UU dalam rapat paripurna.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8