Ekspor Industri Manufaktur Turun Akibat Gejolak Ekonomi Global

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Ekspor Impor

Ekspor industri pengolahan nonmigas atau manufaktur mengalami penurunan 2,24 persen atau sebesar 15,25 miliar dolar pada Juni 2023.

Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni Arif menyebutkan Indonesia mengalami penurunan ekspor industri pengolahan nonmigas atau manufaktur yang tercatat turun pada Juni 2023 diakibatkan karena pengaruh kondisi ekonomi dunia, termasuk diantaranya karena China yang tengah mengalami penurunan ekonomi.

"Kondisi ekonomi di negara-negara tujuan ekspor dapat menyebabkan berkurangnya permintaan akan produk-produk dari Indonesia," katanya dalam sebuah keterangan pada Rabu (19/7/2023).

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor industri pengolahan nonmigas pada Juni 2023 adalah sebesar 15,25 miliar dolar AS, turun 2,24 persen dibandingkan Mei 2023. Meski demikian, secara volume, ekspor pada Juni 2023 meningkat sebesar 13,94 persen (month to month/m-t-m) menjadi 11,51 juta ton.

Secara keseluruhan, ekspor Indonesia pada Juni 2023 turun sebesar 5,08 persen dibandingkan bulan sebelumnya Mei 2023, yakni menjadi sebesar 20,61 miliar dolar AS. Penurunan ekspor di sektor migas dan nonmigas, disebabkan oleh penurunan harga komoditas ekspor unggulan.

Adapun ekspor industri manufaktur pada Juni 2023 yang mencapai 15,25 miliar dolar AS, menyumbang sebesar 74,01 persen terhadap total ekspor nasional.

Ekspor industri pengolahan nonmigas pada Juni 2023 masih didominasi oleh industri makanan sebesar 3,81 miliar dolar AS, industri logam dasar sebesar 3,23 miliar dolar AS, industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia (1,26 miliar dolar AS), industri kendaraan bermotor, trailer, dan semitrailer (770 juta dolar AS) dan industri komputer, barang elektronik, dan optik (745,8 juta dolar AS).

"Sedangkan komoditas industri pengolahan nonmigas yang mengalami penurunan ekspor terbesar di Juni 2023 (month to month) antara lain industri logam dasar, industri alat angkutan lainnya, industri kertas dan barang dari kertas, industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia, industri kulit, barang dari kulit, dan alas kaki, industri karet, barang dari karet dan plastik, serta industri komputer, barang elektronik, dan optik," kata Febri.

Sementara itu, nilai impor industri pengolahan nonmigas pada Juni 2023 juga menurun sebesar 17,26 persen (month to month), menjadi 13,66 miliar dolar AS.

"Menurut BPS, penurunan terbesar impor terjadi pada kelompok bahan baku/penolong sebagai penopang aktivitas produksi di dalam negeri," jelas Febri.

Penurunan impor terbesar pada industri manufaktur terlihat dari subsektor industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia, kemudian industri mesin dan perlengkapan YTDL, industri logam dasar, dan industri komputer, barang elektronik, dan optik.

Lebih lanjut, penurunan terbesar impor komoditas industri pengolahan nonmigas terjadi pada bahan bakar mineral, mesin dan peralatan mekanis serta bagiannya, dan mesin dan perlengkapan elektrik serta bagiannya.

Menurut Febri, menurunnya kinerja ekspor dan impor tentunya akan berpengaruh pada kinerja sektor industri manufaktur Indonesia. Meski demikian, ia masih optimis dengan kondisi pasar di dalam negeri.
Sementara, Kemenperin terus memantau dinamika ekonomi global dengan mengantisipasi dampak negatif penurunan ekspor dan impor terhadap kinerja sektor industri manufaktur.

"Dinamika ekonomi global tentu berpengaruh terhadap sektor industri pengolahan nonmigas dari Indonesia. Kondisi ini terus kami pantau, terutama yang sangat berdampak bagi sektor industri, untuk dapat mengambil langkah-langkah strategis dalam mendukung sektor industri," ujar Febri.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8