Inilah 10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Ekspor Impor

Jakarta - Negara mana pun pasti melakukan perdagangan internasional. Ada sejumlah faktor pendorong setiap negara melakukan perdagangan internasional, mulai dari faktor geografis yang berbeda-beda, kurangnya barang atau jasa yang dibutuhkan, hingga perjanjian dan kerja sama politik.
Mari kita ulas 10 faktor pendorong perdagangan internasional yang terjadi di berbagai negara. Selain itu, kamu harus tahu apa saja jenis-jenis perdagangan internasional yang biasa dilakukan.

Faktor-faktor Pendorong Perdagangan Internasional
Berikut ini 10 faktor pendorong perdagangan internasional barang dan jasa yang dirangkum dari laman Universitas Sebelas Maret dan Universitas Bina Darma.

1. Globalisasi dan Pasar Bebas
Globalisasi membuat satu negara hampir tidak mungkin bisa berdiri sendiri. Semua negara seakan berada dalam satu desa global yang tak terpisahkan. Ditambah lagi adanya pasar bebas yang dianut sejumlah negara, perdagangan internasional pun semakin mudah dilakukan.

2. Perbedaan Sumber Daya Alam
Faktor geografis setiap negara membuat perbedaan sumber daya alam (SDA) di masing-masing negara. Misalnya Indonesia memiliki tambang emas sedangkan Singapura tidak memilikinya. Karena adanya kebutuhan emas di Singapura, maka mereka mengimpor dari Indonesia.

3. Perbedaan Sumber Daya Manusia
Perbedaan sumber daya manusia (SDM) ini bisa terkait kuantitas maupun kualitasnya. Misalnya Indonesia kekurangan tenaga ahli yang dapat mengoperasikan peralatan tertentu, maka akan mendatangkan ahli dari luar negeri.

Atau dari segi kuantitas, bisa terjadi ketika penduduk negara tersebut kecil, sementara peluang kerja di sana lebih besar, sehingga membutuhkan tenaga tambahan, maka mereka mendatangkan dari negara lain.

4. Pemenuhan Kebutuhan Barang atau Jasa
Barang atau jasa yang dibutuhkan, baik bahan pangan maupun kepentingan tersier, mungkin tidak diproduksi di dalam negeri. Jika memungkinkan, maka barang atau jasa tersebut akan diimpor dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

5. Mencari Keuntungan
Persaingan ekonomi global membuat negara saling berlomba mencari keuntungan dari pasar bebas. Ekspor yang lebih tinggi dari impor akan memberi tambahan devisa negara dan berdampak positif bagi kemajuan negara.

6. Perbedaan Teknologi
Penguasaan teknologi antara satu negara dengan yang lain berbeda. Negara maju dapat memproduksi mobil dengan mudah, sedangkan negara berkembang belum tentu bisa. Karena mobil dibutuhkan, maka terjadilah impor mobil dari negara produsen.

7. Faktor Selera
Mungkin saja suatu negara sudah bisa memproduksi suatu barang. Namun ada kalanya konsumen mencari sesuatu yang berbeda karena seleranya tidak sesuai. Maka konsumen harus membeli produk dari luar negeri untuk menyesuaikan seleranya.

8. Perbedaan Biaya Produksi
Biaya produksi dipengaruhi banyak faktor, antara lain ketersediaan bahan baku hingga penguasaan teknologi. Mungkin saja sebuah negara mampu memproduksi ponsel, tetapi belum tentu bisa menjual dengan harga murah karena biaya produksi yang tinggi. Akan lebih masuk akan jika mengimpor ponsel dari negara lain tetapi harganya jauh lebih murah.

9. Perbedaan Sosial dan Budaya
Faktor sosial dan budaya juga bisa menjadi pendorong terjadinya perdagangan internasional. Misalnya orang Indonesia terbiasa mengenakan batik, sehingga banyak produsen batik. Orang Amerika yang tertarik memakai batik akan mendatangkannya dari Indonesia karena di sana tidak ada produsen batik.

10. Kerja Sama Politik
Kebijakan politik luar negeri suatu negara sering kali menciptakan kerja sama di bidang ekonomi yang dituangkan dalam perjanjian. Perjanjian tersebut biasanya memuat perdagangan internasional yang saling menguntungkan.

Jenis-jenis Perdagangan Internasional
Ada beberapa jenis perdagangan internasional yang biasa dilakukan negara-negara. Berikut 5 jenis perdagangan internasional yang dilansir dari bunghatta.ac.id.

1. Ekspor dan Impor
Jenis perdagangan internasional yang paling umum dilakukan adalah ekspor dan impor. Ekspor yaitu menjual barang ke luar negeri, sedangkan impor mendatangkan barang dari luar negeri. Ekspor ada dua macam, yaitu ekspor biasa dan ekspor tanpa L/C.

2. Konsinyasi
Konsinyasi adalah mengirim barang ke luar negeri dengan sistem menitipkan ke agen atau pasar bebas, bursa dan lelang. Hal ini dilakukan karena belum ada pembeli tertentu. Pembayarannya pun baru didapat jika ada yang membeli produk tersebut.

3. Barter
Dalam perdagangan internasional, barter masih sering dilakukan. Beberapa macam barter yang bisa dilakukan antara lain direct barter, counter purchase, switch barter dan bay back barter.

4. Package Deal
Package deal adalah perdagangan yang dilakukan dengan perjanjian dagang atau trade agreement dengan negara lain.

5. Border Crossing
Perdagangan internasional dengan cara border crossing sering dilakukan dua negara yang saling berdekatan, terutama dilakukan masyarakat di perbatasan. Kerja sama dua negara ini memudahkan masyarakat mendapatkan barang yang hanya ada di negara tetangganya.

Demikian tadi telah kita ketahui 10 faktor pendorong perdagangan internasional beserta jenis-jenis perdagangan internasional yang biasa dilakukan. Semoga bermanfaat.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8