Jasa Pengiriman Barang Besar dan Lead Time

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Insight

Dalam jasa pengiriman barang besar atau kargo, banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pengirim barang saat menentukan penyedia jasa. Salah satunya adalah lead time atau waktu tunggu. Apakah yang dimaksud dengan lead time, kenapa lead time sangat penting bagi penyedia jasa barang besar, dan apa faktor-faktor yang bisa mempengaruhi lead time?

Dalam industri pengiriman barang besar, lead time dapat diartikan sebagai waktu yang ditempuh dari pesanan pengiriman dibuat sampai barang tiba di tujuan. Lead time sangat berpengaruh kepada kepuasan konsumen, bahkan bisa jadi beresiko menyebabkan konsumen mencari alternatif penyedia jasa pengiriman barang besar lain jika penawaran diawal tidak dapat dipenuhi. Mengingat lagi bahwa lead time yang terlalu lama dapat menyebabkan pemborosan waktu dan mengurangi produktivitas. Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi lama proses pengiriman. Mulai dari faktor sumber daya manusia, faktor rute yang diambil saat berlayar, sampai faktor lingkungan pelabuhan dan lingkungan sepanjang rute pelayaran.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada, terdapat enam faktor utama yang mempengaruhi lead time, yaitu:

  1. Faktor sumber daya manusia (SDM)
    Faktor SDM dapat menjadi salah satu hal yang mempengaruhi durasi lead time. Jika seluruh petugas yang terlibat memenuhi surat-surat yang diperlukan dalam proses sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang berlaku, maka proses pengiriman akan menjadi lebih cepat. Begitu juga sebaliknya, jika petugas yang bersangkutan tidak memenuhi surat-surat atau tidak mengikuti SOP yang berlaku maka akan semakin lama juga proses pengiriman.
  2. Faktor mesin atau alat transportasi yang digunakan
    Jumlah car carrier untuk mengangkut barang dari gudang ke pelabuhan dan armada kapal yang digunakan juga menjadi faktor yang dapat mempengaruhi lead time di industri penyedia jasa pengiriman barang besar. Semakin banyak car carrier dan armada kapal yang digunakan, pastinya dapat mempercepat proses pengiriman. Sebaliknya, jika alat-alat yang digunakan tidak cukup untuk memenuhi jumlah pesanan yang diterima secara bersamaan maka akan terjadi antrean dalam pengiriman barang.
  3. Faktor metode
    Metode pengisian surat-surat yang diperlukan juga dapat mempengaruhi lead time. Jika pengisian surat-surat tersebut masih dilakukan manual, maka akan semakin panjang proses pengiriman. Terlebih lagi, jika pengiriman yang dilakukan berjumlah besar. Jika pengisian surat-surat dan persyaratan lain sudah bisa dilakukan secara elektronik dan terintegerasi dengan sebuah sistem maka pastinya dapat mempercepat proses pengiriman untuk sampai ke tujuan.
  4. Faktor material
    Faktor material pendukung untuk loading juga menjadi faktor yang cukup penting. Hal-hal seperti charger aki, cadangan bensin, atau emergency light jika tidak dipersiapkan dengan baik juga dapat memperlambat proses pengiriman barang besar. Hal-hal ini dipersiapkan agar tidak menghambat proses pengiriman saat terjadi hal-hal yang tidak terduga.
  5. Faktor rute
    Tentunya, pemilihan rute jarak sangat mempengaruhi lead time dalam jasa pengiriman barang besar. Tidak optimal atau tidak efisien nya rute yang dipilih bisa memperlambat proses pengiriman barang secara signifikan. Itulah sebabnya pemilihan rute pelayaran harus menjadi salah satu faktor yang sangat diperhatikan.
  6. Faktor lingkungan
    Faktor lingkungan seperti sarana prasarana, luas, dan jumlah dermaga di pelabuhan akan mempengaruhi efisiensi pengiriman barang. Walapun faktor lingkungan ini adalah faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol oleh perusahaan penyedia jasa pengiriman barang besar, manajemen waktu yang baik bisa membantu mempercepat proses pengiriman.

Demikianlah pengertian dari waktu tunggu atau lead time. Hal tersebut juga menjadi alasan mengapa perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengna jada pengiriman barang besar harus memperhatikan hal ini. Tidak lupa juga faktor-faktor yang dapat diperbaiki dari sisi perusahaan untuk bisa mempersingkat proses pengiriman demi kepuasan pelanggan.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8