KKP Terapkan Harvest Strategy untuk Mendorong Peningkatan Ekspor Tuna

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Ekspor Impor

Sebagai produsen tuna terbesar dunia, strategi pengelolaan perikanan tuna Indonesia menjadi perhatian KKP.
Dirjen Perikanan Tangkap KKP mengungkapkan rekomendasi tertuang dalam strategi itu adalah Penangkapan Ikan Terukur (PIT) berbasis kuota.

Sebagai produsen tuna terbesar di dunia, strategi pengelolaan perikanan tuna Indonesia menjadi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Beberapa jenis ikan, seperti cakalang, madidihang dan tuna mata besar berpindah jauh (highly migratory species) melakukan migrasi dan menempuh jarak yang jauh melintasi perairan negara-negara yang berbeda.

Agus Suherman selaku Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan mengungkapkan salah satu rekomendasi tertuang dalam strategi itu yaitu Penangkapan Ikan Terukur (PIT) berbasis kuota.

“Strategi Pemanfaatan (Harvest Strategy) merupakan langkah penting dalam proses pengembangan, pengujian dan implementasi strategi pemanfaatan ikan tuna sirip kuning, cakalang dan tuna mata besar di perairan kepulauan Indonesia,” jelasnya.

Mulai dari Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 713 mencakup perairan Selat Makassar, Teluk Bone, Laut Flores dan Laut Bali. Lalu, WPP-RI 714 meliputi perairan Teluk Tolo dan Laut Banda. Serta, WPP-RI 715 mencakup perairan Teluk Tomini, Laut Maluku, Laut Halmahera, Laut Seram dan Teluk Berau.

Sakti Wahyu Trenggono selaku Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia mengatakan hal ini dilakukan untuk membatasi penangkapan dan melakukan pemantauan ketat. Melalui Peluncuran Strategi Pemanfaatan Perikanan Tuna Tropis di Perairan Kepulauan Indonesia, pihaknya ingin menjaga populasi tuna tetap lestari dan terjaga.

“Lahirnya dokumen strategi pemanfaatan ini mewujudkan kedaulatan sekaligus komitmen Indonesia dalam mengelola dan menjamin keberlanjutan ikan tuna.” jelasnya.

Dalam implementasinya, ini menjadi aksi prioritas dari Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang dan Tongkol (RPP-TCT) untuk spesies tuna dan tuna neritik. Kebijakan RPP-TCT tersebut terlebih dahulu ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 107/KEPMENKP/2015 sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 121/KEPMEN-KP/2021.

Poin Penting Penerapan Harvest Strategy Dalam orasi ilmiah di IPB University, Budy Wiryawan selaku Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menjelaskan Strategi Pemanfaatan (Harvest Strategy) menjadi model operasional bagi para peneliti.

Harvest Strategy adalah rencana yang dipertimbangkan dan disepakati dengan hati-hati untuk melakukan monitoring dan mengkaji perikanan dan menyesuaikan tingkat penangkapan ikan dengan menggunakan tindakan pengelolaan tertentu sesuai aturan pengendalian pemanfaatan untuk memenuhi tujuan spesifik perikanan.

Sayangnya, menurut Budy potensi konflik dalam Harvest Strategy dapat muncul kalau terdapat tumpang tindih antara pengelolaan kawasan konservasi dan pemanfaatan perikanan. Di mana, beberapa kasus, kawasan konservasi ditetapkan melindungi dan mempertahankan ekosistem laut serta populasi ikan di dalamnya.

Di sisi lain, kegiatan pemanfaatan perikanan dilakukan memenuhi kebutuhan masyarakat akan hasil tangkapan ikan. Maka, sinergi antara kedua aspek ini menjadi sangat penting menjaga siklus hidup dan rantai makanan sumber daya ikan, sehingga kelestarian ikan dapat terjaga. Baginya, pemahaman yang utuh terhadap faktor sosial, ekonomi dan lingkungan mempengaruhi kesejahteraan para pelaku usaha perikanan, pembuat kebijakan dan pengelola.

“Pada akhirnya strategi efektif dapat tercipta untuk kesejahteraan jangka panjang komunitas nelayan, serta konservasi ekosistem dan sumber daya ikan.” katanya. Bahkan, ini disampaikan Thilma Komaling selaku Strategic Lead Program Konsorsium Tuna Indonesia yang mengatakan pengelolaan ini menyeimbangkan sumber daya berkelanjutan dengan pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat pesisir.

Sementara itu, spesies bermigrasi jauh, termasuk tuna, dikelola melalui kerja sama internasional atau regional berdasarkan United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982 yang telah diratifikasi Indonesia lewat Undang-undang No.17/1985. Pengelolaan tuna dilakukan melalui tuna Regional Fisheries Management Organization (tRFMO).

Studi penandaan tuna besar menunjukkan sebagian besar tuna tertangkap kembali di perairan kepulauan Indonesia dan adanya pertukaran stok dengan wilayah lain.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8