Operator kereta api besar membentuk angkutan barang baru yang menghubungkan Meksiko, Texas dan bagian tenggara Amerika Serikat.
Koneksi timur-barat yang baru ini memanfaatkan rute dan layanan masing-masing jalur kereta api.
Tiga operator kereta api besar telah mencapai kesepakatan yang akan membentuk angkutan barang baru yang menghubungkan Meksiko, Texas dan bagian tenggara Amerika Serikat seiring dengan dekatnya jarak tempuh yang mendorong permintaan kapasitas.
Perjanjian ini akan membuat Canadian Pacific Kansas City Southern (CPKC) dan CSX bergabung mengakuisisi dan mengoperasikan bagian dari Meridian & Bigbee Railroad (MNBR) yang dimiliki Genesee & Wyoming untuk koneksi persimpangan langsung di Alabama.
CEO CPKC Keith Creel mengatakan bahwa: "Koneksi timur-barat yang baru ini memanfaatkan rute dan layanan masing-masing jalur kereta api dan bisa memperluas jangkauan kami, mengubah lebih banyak lalu lintas angkutan barang ke jalur kereta api dan keluar dari jalan raya."
Beroperasi antara Meridian di Mississippi dan Montgomery di Alabama, MNBR beroperasi di bawah kombinasi perjanjian kepemilikan dan pengoperasian. Berdasarkan kesepakatan tersebut, CPKC akan mengakuisisi dan mengoperasikan segmen antara Meridian dan Myrtlewood, Alabama, sementara CSX mengoperasikan jalur yang disewa MNBR di sebelah timur Myrtlewood menghasilkan persimpangan di antara keduanya di dekat Myrtlewood.
Ketentuan transaksi yang sebenarnya belum diungkapkan dan beberapa bagian membutuhkan persetujuan regulasi dari Dewan Transportasi Permukaan AS.
Namun CSX mengatakan kesepakatan tersebut termasuk akuisisi Genesee atas "properti dan hak-hak Kanada" dimiliki CPKC, sementara MNBR akan memiliki hak menyediakan layanan lokal kepada pelanggan yang ada di jalur yang lama dan terhubung dengan jalur kereta api lainnya tanpa batasan persimpangan.
Kesepakatan ini terjadi akibat volume perdagangan antara Meksiko dan AS meningkat. Tahun lalu, sekitar $ 780 miliar barang melaju di antara kedua negara, meningkat 17% pada 2021, sementara impor AS dari China menurun signifikan tahun ini 26% hingga Mei.
Indeks reshoring tahunan dari konsultan manajemen Kearney mengatakan "pada akhir 2023, porsi impor China dari AS pasti menurun di bawah 50%". Ini pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade setelah pemisahan perdagangan dimulai di bawah Presiden Trump sebelum meningkat di bawah penggantinya, Joe Biden.
Menyusul gejolak rantai pasokan disebabkan pandemi, McKinsey & Co menemukan 70% perusahaan pakaian jadi dan fesyen berencana meningkatkan impor pada tahun 2025. Salah satu perusahaan ekspedisi mengatakan kepada The Loadstar: "Banyak perusahaan yang ingin mengubah hubungan mereka dengan pemasok Tier 1, baik itu dengan memilih bahan yang lebih banyak bersumber secara lokal atau dalam beberapa kasus, memproduksi sendiri komponen-komponen utama.
"Meskipun dekat dengan pantai yang memiliki banyak manfaat, tetapi ada biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan besar yang harus pindah, berinvestasi pada infrastruktur baru dan sering kali biaya tenaga kerja lebih tinggi dibandingkan dengan model lepas pantai. Hal ini pasti memengaruhi harga barang kepada pengguna akhir sehingga jika perubahan ini terjadi, perubahan ini harus dilakukan secara bertahap agar dapat diterima.”