Pemerintah Resmi Tetapkan Daftar Produk Murah Yang Boleh Diimpor Lewat E-Commerce

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Regulasi

Pemerintah telah menetapkan secara resmi kategori produk di bawah 100 dolar AS (atau Rp 1,5 juta) yang masuk ke dalam daftar yang diperbolehkan (positive list) untuk diimpor langsung secara lintas batas via e-commerce.

Hal ini telah di nyatakan secara resmi oleh Teten Masduki selaku Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) yang mana ia juga menyebut ada empat kategori produk dalam positive list yaitu buku, film, musik, dan software.

‘’Setelah mendengarkan masukan dari berbagai pihak, hari ini pemerintah telah menetapkan positive list produk yang boleh di perdagangkan lintas negara meski dengan harga di bawah 100 dolar AS,’’ tulis Teten melalui akun instagram miliknya @tetenmasduki_ yang dikutip pada hari Rabu (1/11/2023).

Ia juga mengatakan bahwa kebijakan positive list ini diputuskan pada rapat koordinasi terbatas (rakortas) Pengetatan Arus Masuk Barang Impor dan Pembahasan Tata Niaga Impor yang di pimpin oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (31/10/2023).

Ia menyatakan bahwa pengecualian kategori produk tersebut sudah sejalan dengan upaya pemerintah dalam mencegah arus deras produk impor khususnya melalui platform e-commerce. Selain itu, penetapan positive list tersebut juga sudah sesuai dengan ketentuan dan tujuan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.31/2023 yakni untuk melindungi produk lokal.

Sementara itu, pada pasal 19 ayat (2) Permendag No.31/2023 pemerintah telah melarang perdagangan untuk produk impor dengan harga di bawah 100 dolar AS melalui skema lintas batas di platform digital. Adapun perumusan positive list atau yang merupakan pengecualian untuk barang murah disebut dalam pasal 19 ayat (4).

Dalam kebijakan tersebut diatur bahwa barang dengan harga di bawah harga barang minimum sebagaimana di maksud pada ayat (2) yang diperbolehkan masuk langsung melalui penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PPMSE) yang melakukan kegiatan PPMSE yang bersifat lintas negara, ditetapkan oleh menteri berdasarkan hasil rapat koordinasi tingkat menteri/kepala lembaga pemerintah nonkementerian terkait.

‘’Di luar positive list, tetap berlaku larangan impor barang dengan harga di bawah 100 dolar AS per unit melalui cross border e-commerce,’’ tutur Teten.

Di lain kesempatan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (Dirjen PDN) Kementerian Perdagangan Isy Karim mengatakan bahwa tiap kategori tersebut (buku, fil, musik, dan software) juga memiliki kode Harmonized System (HS) atau daftar penggolongan barang.

Dikutip dari Antara, Isy menjelaskan bahwa ada sembilan jenis HS yang dikategorikan terkait buku, lima jenis HS untuk film, lima jenis HS untuk software, dan empat jenis HS untuk kategori musik.

Kemudian, untuk barang-barang yang ada di luar empat kategori produk tersebut maka akan masuk ke dalam negative list atau barang-barang impor yang mendapat pengawasan dengan ketentuan khusus. Contoh ketentuan-ketentuan khusus misalnya dijual dengan harga minimum 100 dolar AS per unit, menyertakan sertifikat Halal, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk kategori makanan dan kosmetik, serta sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sebagai informasi, beberapa jenis barang yang masuk ke dalam negative list diantaranya ialah alas kaki, tekstil, aksesoris, kosmetik, mainan anak, makanan dan minuman, obat tradisional dan suplemen, pakaian jadi, dan tas.

Isy juga menyampaikan bahwa saat ini pemerintah tengah membangun sebuah aplikasi untuk melakukan patroli siber dengan sistem intelegensi artifisial (AI) sebagai sistem pengawasan terpadu guna mengawasi dan mencegah praktik-praktik yang tidak fair.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8