Pengertian dan Penjelasan Lengkap Tentang Shipping

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Insight

Shipping adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti pengiriman. Biasanya, kata Shipping digunakan untuk pengiriman barang atau produk yang dimanfaatkan di dunia pengiriman barang. Selain itu, shipping dapat diartikan sebagai sistem pemindahan dari satu titik ke titik lain. Misalnya, pemindahan barang dagangan dari alamat pengirim ke alamat pembeli.

Pada awalnya, shipping digunakan untuk pengiriman produk melalui laut. Namun, seiring perkembangan zaman, shipping dapat mencakup jalur pengiriman darat dan udara juga. Shipping dapat digunakan secara luas dalam kegiatan pengiriman, terutama dalam kegiatan logistik.

Shipping atau disebut sebagai pengiriman ini merupakan salah satu sarana penting dalam suatu rantai persedian, berfungsi dalam menyiapkan serta mengirimkan barang kepada konsumen. Jenis shipping yang cukup hemat biaya yaitu pengiriman melalui darat dan lautan, walaupun waktu pengiriman yang dibutuhkan pada proses tersebut terbilang lambat.

Selain hemat biaya, jenis pengiriman kargo melalui laut juga biasa digunakan dalam proses pengiriman produk secara internasional. Layanan ini dipastikan akan lebih mudah dibandingkan dengan pengiriman melalui jalur udara.

Selaras dengan proses logistik, proses shipping juga harus mencapai standar performa yang ditentukan. Mulai dari keseimbangan antara kualitas pelayanan pelanggan dengan biaya yang dikeluarkan demi mencapai tujuan akhir perusahaan.

Jenis- Jenis Kapal Shipping

Setelah memahami penjelasan mengenai shipping di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pengiriman internasional dapat dilakukan dengan efisien dan fleksibel dengan jalur laut atau kapal. Selain kedua hal tersebut, juga terdapat banyak pilihan kapan yang akan disediakan untuk melakukan proses shipping. Jenis kapal shipping yang tersedia:

  1. Tanker
    Kapal tanker diciptakan untuk mengangkut minyak ataupun material lain yang memungkinkan. Namun, kapal ini tidak dapat digunakan untuk pengiriman barang lainnya. Hal ini dikarenakan kapal tanker memiliki protokol keamanannya sendiri.
  2. Kontainer
    Jenis kapal kontainer merupakan kapal sarana umum komersil yang digunakan untuk membawa sebagian besar kargo dengan kontainer di lautan. Kapal kontainer mampu mengangkut muatan sangat besar yang masing-masing kontainer mampu memuat barang seukuran truk besar.
  3. Kargo Umum
    Kapal kargo umum berfungsi untuk mengangkut segala jenis kargo, dari mulai curah, karung, bahkan kontainer. Kapasitas yang dimiliki oleh kapal kargo umum adalah 5000 DWT hingga 25000 DWT.
  4. Kargo Curah
    Kapal curah merupakan kapal yang paling umum digunakan dalam proses pengiriman barang atau shipping. Muatan yang diangkut kapal ini kebanyakan merupakan bahan-bahan curah yang tugasnya untuk mengangkut hasil kehutanan dan pertambangan yang tidak membutuhkan kontainer.

Shipping di Dunia Ekspor dan Impor.

Pada mulanya, kata shipping hanya digunakan di dalam dunia ekspor dan impor karena kata shipping bisa bermakna sebagai proses pengiriman barang dengan kapal. Pengiriman dengan kapal lebih umum digunakan dalam kegiatan ekspor dan impor.

Meskipun begitu, kata shipping dalam kegiatan ekspor dan impor tidak hanya sebatas pada pengiriman melalui kapal. Shipping juga bisa dilakukan melalui jalur darat dan laut dengan kereta api maupun pesawat.

Shipping melalui kapal dengan jasa kargo telah menjadi pilihan yang sangat populer di kalangan pelaku bisnis ekspor dan impor karena dinilai sangat efisien dengan biaya yang rendah.

Meskipun shipping memiliki beberapa kegiatan yang berhubungan dengan laut, darat, dan udara, tetapi shipping juga dapat melalui jalur laut yang lebih diidamkan, karena pengiriman yang lebih fleksibel dan mampu dilakukan secara besar.

Dokumen Penting saat Shipping

Adapun beberapa dokumen penting yang harus disiapkan untuk proses shipping dalam kegiatan ekspor dan impor:

  1. Resi Gudang
    Resi gudang merupakan dokumen yang penting jika inginmenggunakan jasa kargo shipping karena resi gudang mencakup segala informasi penting tentang karakteristik, ukuran, dan berat.
  2. Packing List
    Packing list merupakan dokumen penting kedua setelah resi gudang. Saat prosesshippinginternasional, ratusan hingga ribuan kargo dikirim secara bersamaan melalui packing listyang dapat ditemukan dengan tanda dan nomor yang telah dicatat.
  3. Bill of Lading
    Bill of Lading (B/L) berfungsi sebagai dokumen tanda terima yang bersifat sebagai dokumen perjanjian kedua bela pihak antara pengirim dan penerima, serta bukti pemilikan barang.
  4. Resi Mualim 
    Resi mualim adalah surat tanda terima barang di kapal kargo sesuai dengan keadaan muatan yang telah ditanda tangani oleh pihak mualim. Dokumen yang tertera di dalam resi mualim salah satunya ada di Bill of Lading.
  5. Storage Plan
    Storage plan merupakan dokumen yang berisi tentang gambaran untuk pemuatan barang yang ingin dimuat di dalam kapal.
  6. Manifest
    Manifest merupakan dokumen dalam jasa shipping yang berisi daftar kargo, penumpang, awak kapal, pesawat udara, atau kendaraan.
  7. Faktur
    Faktur merupakan bukti dari transaksi perdagangan antara importir dan eksportir.

Proses Penyerahan Barang Saat Shipping

Apabila sedang menggeluti dunia bisnis ekspor dan impor, secara tidak langsung kalian akan dituntut untuk menguasai pengetahuan mengenai shipping dan bagaimana cara kerjanya. Tidak perlu khawatir, karena di sini kalian akan mendapatkan pengetahuan mengenai proses penyerahan barang saat shipping.

Berikut proses syarat penyerahan barang saat shipping:

  • FOB Destination Point

FOB destination point atau dengan kata lain franco gudang pembeli merupakan sistem di mana segala biaya dan resiko yang timbul atas selama pengiriman produk atau barang, mulai dari gudang pengirim hingga gudang penerima, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

  • FOB Shipping Point

Free on board atau franco gudang penjual yaitu sistem yang seluruh biaya dan resiko pengiriman produknya ditanggung, mulai dari area penjual hingga ke area tujuan pembeli, akan menjadi tanggung jawab pembeli.
Syaratnya adalah ongkir atau beban angkut ditanggung oleh pembeli dan produk sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembeli. Setelah barang dikirim oleh penjual, maka resmi menjadi milik pembeli. Jadi dapat dikatakan bahwa penjual sudah tidak ada tanggung jawab apapun setelah barang dikirim dari area penjual.

Jasa Shipping Kargo Partai Besar Teman Bisnis Anda

Pemahaman mengenai prosedur pengiriman secara detail merupakan satu hal penting bagi para pelaku bisnis ekspor dan impor agar mampu memaksimalkan keuntungan dalam seluruh prosesnya dan dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan yang melakukan shipping, khususnya pengiriman jalur laut atau kapal.

Jika produk yang dikirimkan berjumlah sedikit, maka dapat menggunakan jalur udara karena proses pengiriman yang cepat sampai tujuan. Namun, jika jumlahnya banyak, disarankan untuk menggunakan jasa kargo.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8