Resmi Beroperasi, Bandara Kertajati Diyakini Akan Semakin Ramai

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Kemenhub

Bandara Kertajati yang berlokasi di Majalengka sudah resmi beroperasi penuh sejak hari Minggu (29/10/2023) setelah pemindahan penerbangan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara.

Jelang pengoperasian secara penuh, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan untuk persiapan Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dari peninjauan inilah dapat dinyatakan bahwa BIJB Kertajati ini sudah 100 % untuk beroperasi.

‘’Persiapan sudah 100 persen. Tinggal persiapan-persiapan tenant dan sebagainya,’’ Ujar Bey.

Ia juga melaporkan shadow operation atau operasi bayangan bandara yang sudah dilakukan. Dalam operasi ini bisa terlihat bagaimana sudah banyak pelaku UMKM yang mengisi tenant-tenant di bandara.

‘’Pak Dirut BIJB, M. Singgih, juga tadi lapor persiapan sudah cukup baik, sudah ada shadow operation. Hanya ada satu catatan tentang petunjuk arah yang internasional ke mana, dan domestik ke mana,’’ Tutur Bey.

Bey juga menyinggung perihal keamanan BIJB Kertajati dan ia menuturkan bahwa sudah banyak pos polisi di sekitar bandara. Telah di pasang juga kamera CCTV yang terhubung langsung dengan pos polisi untuk menjamin keamanan.

‘’Divisi keamanan juga sudah baik,’’ Tuturnya.

Bey juga mengatakan bahwa pihaknya telah menginstruksikan ASN di Jawa Barat untuk bepergian menggunakan Bandara Kertajati. Hal ini juga di himbaukan pada ASN di wilayah Jawa Tengah, terutama daerah yang berbatasan dengan Jawa Barat sebagai upaya untuk mengoptimalkan operasional bandara.

Di lain kesempatan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati memiliki tujuan yakni untuk meningkatkan faktor keselamatan dan keamanan penerbangan.

‘’Kita butuh runway yang lebih panjang dari Bandara Husein, supaya pesawat besar seperti Boeing 777 bisa mendarat sehingga penerbangan dari luar negeri baik dari Asia, Eropa, dan negara lainnya bisa langsung mendarat di Jawa Barat. Maka itu penerbangan kita pindah ke Bandara Kertajati,’’ Ujar Budi pada hari Minggu (29/10/2023).

Ia melanjutkan bahwa setelah adanya pengalihan dari Bandara Husein ke bandara Kertajati setidaknya ada 16 penerbangan setiap harinya dengan kapasitas duduk 4.680 pax per hari atau 32.760 pax per minggu. Jumlah sudah termasuk penerbangan datang dan berangkat.

Untuk penerbangan domestik, ada tujuh rute penerbangan yang dialihkan ke Bandara Kertajati. Ketujuh rute tersebut ialah penerbangan dari dan menuju Palembang, Medan, Makassar, Denpasar, Batam, Banjarmasin, dan Balikpapan.

Sedangkan untuk rute penerbangan luar negeri yaitu tujuan ke Kuala Lumpur, Malaysia yang sebenarnya sudah beroperasi sejak Mei 2023. Selain itu, BIJB Kertajati juga sudah melayani penerbangan Umroh dan Haji.

Sementara itu untuk maskapai yang melayani penerbangan di BIJB Kertajati saat ini sudah ada Super Air Jet, AirAsia, dan Citilink. Menurut laporan rute operasional penerbangan akan dijadwalkan setiap hari oleh operator bandara.

Untuk menandai bagaimana Kertajati sudah beroperasi secara penuh, Budi Karya Sumadi melepas dua penerbangan perdana yaitu maskapai AirAsia dengan rute Kertajati-Denpasar untuk keberangkatan pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet dengan rute Kertajati-Medan untuk keberangkatan pukul 08.30 WIB.

Untuk tingkat okupansinya sendiri sudah mencapai 80% pada penerbangan perdana hari Minggu (29/10/2023). Tingkat Okupansi tersebut diperoleh penerbangan dengan rute favorit seperti Denpasar, Medan, dan Balikpapan. Tingkat okupansi di proyeksi akan terus merangkak naik terutama pada masa peak season yakni pada musim libur natal dan akhir tahun.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8