Setelah Diberhentikan Sementara, KCN Siap Beroperasi Lagi?

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Pelabuhan

Setelah sebelumnya menerima surat pencabutan izin operasional sementara, Karya Citra Nusantara (KCN) di kawasan Marunda dikabarkan siap untuk beroperasi kembali.

Kabar ini turut ditanggapi oleh PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Satrio Witjaksono selaku Direktur Operasi PT KBN (Persero) menuturkan bahwa pihaknya tidak memiliki masalah terkait pengoperasian kembali KCN terlebih karena banyak fasilitas yang memang diperlukan untuk kebutuhan bongkar muat logistik.

Hanya saja ia mengemukakan bahwa pengoperasian kembali fasilitas bisa dilakukan jika pihak KCN telah memenuhi seluruh persyaratan administratif beserta teknisnya terutama hal-hal yang berkaitan dengan Amdal serta perizinan lingkungan hidup (KLH) sesuai dengan ketentuan.

Meski begitu, Satrio menuturkan bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima salinan resmi terkait perizinan dan administrasi kabar tersebut.

‘’Saya belum cek dokumennya. Tetapi memang sebelumnya sudah ada koordinasi dengan KLH soal Amdal tersebut. Nanti segera saya akan coba tanyakan laporannya. Karena seingat saya kalau sudah memenuhi semua persyaratan itu maka KCN bisa diizinkan operasi sementara. Kalau soal izin operasinya di Kemenhub dalam hal ini KSOP Marunda,’’ tutur Satrio yang dikutip dari logistiknews.id, pada Selasa (24/10/2023).

Satrio juga berharap bahwa apapun keputusan yang hendak diambil agar dapat dilakukan musyawarah terlebih dahulu. Apalagi menurutnya saat ini KBN memiliki saham sebesar 17,5 persen di KCN. Sehingga duduk dan diskusi bersama untuk memutuskan suatu hal baiknya memang dilakukan.

‘’KBN selaku BUMN harus comply dengan aturan-aturan yang berlaku. Jadi kalau memang sudah ada izin operasinya (KCN) dari KSOP/Kemenhub, ya silahkan saja bagi kami tidak masalah. Saya juga mendengar sudah dilaksanakan FGD (focus group discussion) terkait itu kemarin,’’ ujar Satrio.

Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Karya Citra Nusantara (KCN) dinyatakan bisa beroperasi kembali pada Senin (23/10/2023). Pernyataan ini keluar setelah Kemenhub melalui KSOP Kelas II Marunda menerbitkan surat izin diperbolehkannya kembali terminal ini untuk melakukan operasional guna melayani kegiatan sandar kapal dan bongkar muat barang.

Sedangkan untuk penyerahan surat izin operasional tersebut diserahkan oleh Kepala KSOP Kelas II Marunda Capt. Raman kepada Dirut PT KCN Widodo Setiadi secara langsung. Penyerahan surat izin tersebut dilakukan di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara, Senin (23/10/2023).

Sementara itu, Kepala KSOP Marunda Capt. Raman sendiri menyatakan bahwa BUP KCN bisa beroperasi kembali agar fasilitasnya digunakan untuk melayani berbagai kegiatan logistik termasuk sandar kapal dan bongkar muat barang.

‘’Belum lama sudah dilakukan uji coba untuk mengetahui apakah dermaga KCN bisa dengan aman dan selamat untuk kapal bersandar disini, ternyata bisa dan berhasil lancar,’’ tutur Capt. Raman.

Uji coba tersebut menurut Raman wajib dilakukan mengingat fasilitas tersebut sudah cukup lama tidak beroperasi sehingga dikhawatirkan terjadi pendangkalan.

‘’Tapi ternyata tidak ada masalah, uji coba kapal (tongkang) berjalan lancar. Dan yang paling penting keselamatan pelayaran tetap terjamin. Tadi kita lihat kan, kapal masuk lancar dan baik-baik saja,’’ tuturnya.

Dirut PT KCN, Widodo Setiadi menuturkan bahwa KCN akan beroperasi kembali dengan paradigma dan wajah baru. Seperti yang diketahui bahwa tanggal 28 Agustus 2023 Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) telah menerbitkan izin lingkungan hidup kepada PT KCN.

Meskipun sudah mengantongi surat izin dari KLH namun KCN sempat menunda pengoperasian guna melakukan persiapan seperti pembersihan sampah di kolam dermaga. Kini KCN sudah siap untuk melayani para pengguna jasa memanfaatkan fasilitas dengan optimal.

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8