Realisasi Investasi Meningkat, Ini Daya Tarik Banten yang Pikat Investor

Posted By ELOGI
Posted By ELOGI
Jan 30, 2024
Investor

Jakarta - Provinsi Banten menjadi salah satu magnet investasi di Tanah Air. Sejumlah kawasan industri tersebar di Banten, berikut dengan insentif disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk memikat investor.
Pertumbuhan investasi sektor industri di Banten terus meningkat. Pada Triwulan I tahun 2023, terdapat 8.792 proyek investasi di Banten.

Ada 16 kawasan industri di area Banten yang tersebar di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang. Pengembangan kawasan industri di wilayah Banten telah terintegrasi dengan ketersediaan infrastruktur memadai sehingga mampu meningkatkan efisiensi produksi dan logistik serta daya saing produk manufaktur nasional di pasar ekspor.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar menyampaikan keutamaan lain yang dimiliki Banten dibandingkan dengan provinsi lainnya di Indonesia adalah keberadaan infrastruktur vital nasional maupun infrastruktur wilayah dalam jumlah, jenis dan kapasitas yang cenderung lebih unggul, mulai dari akses jalan tol, bandar udara internasional Soekarno-Hatta, pelabuhan, hingga jaringan kereta api.

Kesiapan sejumlah kawasan industri yang tersebar di beberapa lokasi, kata Al Muktabar, dapat menjadi alternatif yang relevan terhadap berbagai pertimbangan bisnis yang akan masuk, kelayakan infrastruktur. Ia menyebut kawasan industri itulah yang selama ini telah memberikan keyakinan yang besar pada para investor untuk berinvestasi di Banten.

Al Muktabar menuturkan dalam rangka menarik investor, daya dukung infrastruktur di Provinsi Banten sudah memadai, termasuk kawasan-kawasan industri yang sudah ada dan yang akan dikembangkan.

"Infrastruktur cukup memadai. Ada bandara, pelabuhan laut, jaringan jalan tol, jalan mantap, hingga rel kereta api. Oleh karenanya, daya dukung terhadap industri sangat memadai," tutur Al Muktabar dalam keterangan tertulis, Selasa (13/6/2023).

Kota Cilegon memiliki kawasan industri terpadu dengan luas 2.700 hektare. Kawasan ini didesain dan dikembangkan berdasarkan peraturan dari Master Plan Pengembangan Daerah Industri di Banten. Didukung dengan lokasi yang strategis, investasi di Kawasan Industri Terpadu Kota Cilegon juga didukung infrastruktur, utilitas, dan pelabuhan yang terintegrasi.

Kabupaten Tangerang juga memiliki kawasan industri yang sangat representatif bagi investor. Kegiatan industri di Kabupaten Tangerang diarahkan pada suatu kawasan industri dengan mencadangkan lahan seluas 3.000 hektare bagi kawasan industri, dan 4.500 hektar bagi zona industri yang tersebar di tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Cikupa, Balaraja, Tigaraksa, Cisoka, Pasar Kemis, Legok, dan Serpong.

Sementara itu, di Kabupaten Serang, terdapat Kawasan Industri Cikande. Ketertarikan investor pada kawasan ini tidak terlepas dari ketersediaan fasilitas yang dimiliki oleh kawasan ini. Kawasan ini memiliki luas 3.175 hektare yang menampung 200 tenant.

Salah satu daya tarik besar di Serang, yakni Kawasan industri di Cikande yang akan memiliki 'Kawasan industri Halal' pertama di Indonesia dengan luas total 500 hektare. Kawasan Industri Cikande juga menyediakan layanan terpadu satu pintu untuk membantu investor dalam mendirikan usahanya di Indonesia.

Selain di Cikande, Kabupaten Serang juga memiliki kawasan industri yang representatif bagi industri manufaktur di kawasan Bojonegara seluas 4.000 hektare yang berada disepanjang pantai Teluk Banten untuk pengembangan industri mesin, logam dasar, kimia, maritim dan pelabuhan.

Pembangunan infrastruktur Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,67 KM turut mendorong peluang bagi pengembangan ekonomi baru di Provinsi Banten. Salah satunya potensi kawasan industri hijau yang telah disiapkan di Kabupaten Lebak seluas 10.058 hektare. Luasan tersebut sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Cileles dengan luas mencapai 3.192 hektare. Selain Lebak, Kabupaten Pandeglang juga telah menyiapkan kawasan industri seluas 437,8 hektare di Kecamatan Bojong.

Selain dukungan infrastruktur memadai dan kesiapan kawasan industri, untuk mendorong iklim investasi, Pemprov Banten melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) juga berupaya memfasilitasi kebutuhan investor, mulai dari kemudahan perizinan yang terus diperbaiki hingga informasi terkait potensi di daerah.

"Keberadaan Tol Serang-Panimbang juga membuka potensi kawasan industri baru di daerah Lebak dan Pandeglang, ini tentu saja jadi peluang baru bagi investor baru maupun lama untuk mengembangan agenda bisnis mereka," jelas Al Muktabar.

Al Muktabar memaparkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten terus mendorong agar investor yang bergerak di bidang industri melakukan investasi di kawasan industri. Sebab, selain mempermudah proses perizinan, melakukan kegiatan penanaman modal sesuai dengan area yang sudah ditetapkan akan menjaga iklim dan daya saing investasi daerah.

Ada sejumlah keuntungan yang didapatkan investor yang lokasi usahanya di dalam kawasan industri, seperti kemudahan dalam mengurus persyaratan dasar perizinan berusaha antara lain kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR), persetujuan lingkungan (PL), dan persetujuan bangunan gedung (PBG). Al Muktabar menerangkan persetujuan KKPR dapat diberikan tanpa melalui tahapan penilaian dokumen usulan kegiatan apabila berlokasi di kawasan industri yang telah memiliki perizinan berusaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Al Muktabar menambahkan kemudahan proses perizinan berinvestasi di kawasan diharapkan dapat meningkatkan animo berinvestasi, sehingga turut mendorong laju pertumbuhan ekonomi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan, untuk mendorong investor ke Banten, Provinsi Banten memastikan aspek-aspek pendukung lainnya, seperti karakter wilayah, aturan/regulasi tata ruang, dan informasi terkait keuntungan-keuntungan yang didapatkan oleh investor. DPMPTSP Provinsi Banten bersama kaupaten/kota juga telah melakukan kajian-kajian dan analisis potensi daerah yang bisa disajikan kepada para investor dalam bentuk Investment Project Ready To Offer (IPRO) untuk menarik minat investor. IPRO merupakan proyek investasi clear and clean yaitu proyek yang memiliki feasibility study serta tidak memiliki kendala izin usaha dan lahan.

"Kita berharap investasi yang masuk juga punya dampak pada investasi lain atau link and match, misalnya ada kawasan industri, maka ini juga punya potensi bagi investasi sektor properti, tapi tetap memperhatikan aspek tata ruang," ungkap Virgo.

Realisasi Investasi di Banten Triwulan I Tahun 2023

Berdasarkan data yang diterima DPMPTSP Provinsi Banten dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, realisasi investasi di Provinsi Banten triwulan I Tahun 2023 mencapai Rp 25,7 triliun. Realisasi tersebut naik 49,85% secara tahunan dibandingkan realisasi triwulan I Tahun 2022 sebesar Rp 17,15 triliun. Capaian Banten ini menempati posisi kelima di Indonesia sebagai provinsi dengan realisasi investasi tertinggi pada triwulan I Tahun 2023.

Dalam periode Januari - Maret 2023, perusahaan penanaman modal asing (PMA) telah berinvestasi senilai Rp 15,84 triliun di Banten, dengan jumlah proyek 2.409 dan berkontribusi sebesar 61,63% dari total investasi yang masuk ke Banten, sedangkan perusahaan dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) berkontribusi sebesar 38,37%, dengan nilai investasi Rp 9,86 triliun, dengan proyek sebanyak 6.383 proyek.

Dari total investasi yang masuk, Kota Tangerang menduduki peringkat pertama dalam realisasi investasi, yaitu sebesar Rp 6,95 triliun. Sementara itu, kimia dan farmasi adalah bidang usaha yang paling dominan terealisasi investasinya, yakni mencapai Rp 5,35 triliun.

Kemudahan Layanan Perizinan Kawasan

Dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan pelayanan perizinan, Virgo menyampaikan DPMPTSP Provinsi Banten telah menyiapkan aplikasi perizinan (daring) SIPEKA sebagai program pendukung Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA). OSS-RBA atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha.

"Selain kesiapan infrastruktur, kita pastikan instrumen perizinan serta kemudahan yang diperoleh investor. Hal ini dalam rangka menjamin kepastian dan kenyamanan berinvestasi, sehingga investor yang masuk ke Provinsi Banten bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Dampak positifnya adalah pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Provinsi Banten," ujar Virgo.
 

RECENT POST

Would you need a Support?

Email us to : elogi.platform@gmail.com

Copyright © 2023 -eLOGI All rights reserved. It is prohibited to publish, broadcast, rewrite or distribute information from this site without asking written permission from -eLOGI

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8