Maersk "melihat nilai signifikan" dalam meningkatkan profil jaringan India-Timur Tengah, akibat volume kargo yang bertumbuh dengan kekuatan perjanjian perdagangan bebas antar pemerintah.
FTA India-UEA yang ditandatangani pada Mei 2022, bertujuan meningkatkan perdagangan dua arah hingga $100 miliar dalam lima tahun.
Maskapai Denmark memperluas jangkauan pasar dari rute regionalnya, Shaheen Express dengan sebuah panggilan langsung di Pelabuhan Sohar di Oman. Rotasi pelabuhan yang ditingkatkan adalah Jebel Ali (UEA), Mundra dan Pipavav (India), Jebel Ali dan Sohar.
Rute mingguan ini dimulai pada November dengan menggunakan dua kapal berkapasitas 2.800 teus.
"Oman adalah pasar yang sangat penting bagi kami," kata Christopher Cook, MD Maersk untuk UEA, Oman dan Qatar. "Belakangan ini, kami melihat peningkatan permintaan dari pelanggan kami."
Dia menambahkan bahwa: "Waktu transit yang lebih baik dikombinasikan dengan keandalan Shaheen Express yang akan memberikan solusi transportasi laut yang diprediksi kepada pelanggan dan akan membantu mereka merencanakan rantai pasokan lebih baik, mengoptimalkan persediaan sesuai dengan operasi dan memenuhi permintaan dari pasar."
Dengan menambah rute Sohar, tentu saja Maersk bisa bertaruh pada eksportir kimia dan industri Oman yang memindahkan barang ke India dan lebih banyak peluang transshipment bagi pasar yang lainnya termasuk Karachi, Kolkata dan Nhava Sheva serta Port Said dan Sokhna di Mesir.
Sebelum itu, Maersk juga menggunakan sebagian besar kapasitas pengumpan pihak ketiga untuk bisa melayani perdagangan regional di koridor India-Teluk. Bulan lalu, Maersk mengumumkan rute Timur Tengah-Afrika Barat lebih baik yang diberi nama Al Maha demi menggantikan layanan ME3 dan ME4 yang dijalankannya di jalur perdagangan ini.
Dengan mengerahkan tujuh armada kapal berkapasitas 8.500 teu, rute Al Maha adalah Port Tangier, Port Said, Jeddah, Salalah, Jebel Ali, Doha, Dammam, Jubail, Jebel Ali, Duqm, Salalah, Jeddah, Port Said dan Port Tangier.
"Ambisi kami adalah untuk memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi pelanggan kami serta ekonomi tempat kami beroperasi," kata Bhavan Vempati, kepala manajemen laut regional Maersk untuk Anak Benua India, Timur Tengah dan Afrika.
Jalur peti kemas saingannya telah berinvestasi dalam koneksi regional yang baru untuk memanfaatkan permintaan yang kian meningkat pada jalur perdagangan India-UEA didorong oleh keuntungan FTA. ONE berbasis di Singapura baru-baru ini meluncurkan layanan India-Teluk, dengan pemberhentian di Jebel Ali, Mundra, Hazira dan Nhava Sheva.
Namun, ekspansi perdagangan tidak cukup menjaga tarif pengiriman pada tingkat stabil atau terhormat, karena lebih banyak pasokan masuk ke pasar. Menurut sumber-sumber perusahaan ekspedisi di Mumbai, tarif pemesanan ekspor rata-rata dari Nhava Sheva/Mundra ke Jebel Ali sangat rendah, yaitu $70 per teu dan $140 per teu. Tarif perjalanan pulang juga tidak lebih baik, masing-masing berkisar $70 dan $100, ungkap sumber tersebut.