Operator Asia-Eropa Utara diwajibkan untuk mendiskon tarif pada saat menjelang musim puncak ketika mereka biasanya mengharapkan untuk kenaikan.
Menurut operator yang berbicara dengan The Loadstar di acara Multimodal Inggris minggu ini, ada pesanan baru yang sedang dalam proses, tetapi kemungkinan besar tidak akan diubah menjadi pemesanan hingga akhir Juli sampai awal Agustus.
Visibilitas yang lebih baik ini merupakan kabar baik bagi para operator, meskipun untuk sementara mereka perlu mengosongkan lebih banyak pelayaran atau mengambil risiko penurunan tarif yang tajam.
Sebagai informasi, komponen Asia-Eropa Utara Drewry turun 7% minggu ini menjadi $1.349 per 40 kaki, dengan kurs spot rata-rata 86% lebih rendah dari tahun lalu.
Namun ada berita yang lebih baik untuk operator di wilayah Asia-Mediterania, permintaan yang kuat dari jalur perdagangan mendukung lingkungan tarif yang stabil. Misalnya, indeks Freightos Baltic Index (FBX) mendatar lagi minggu ini dengan torehan relatif sehat sekitar $2.366 per 40 kaki.
Di transpasifik, dampak dari kontrak baru pantai barat AS yang tentatif disepakati minggu ini, antara pengusaha Asosiasi Maritim Pasifik dan ILWU masih harus dilihat dalam rute kargo. Pelabuhan pantai barat berharap hal itu akan memperlambat pergeseran impor pesisir dari hub Pasifik ke pelabuhan pantai timur dan Teluk AS.
Pasca lonjakan singkat tarif spot minggu lalu, terlihat tarif mulai menurun lagi seiring dengan meningkatnya ancaman tindakan industri di pelabuhan pantai barat dan draf pembatasan untuk kapal Asia-USEC yang transit di Terusan Panama.
Sementara, kurs rata-rata XSI Xeneta dari Asia ke USWC turun 6% minggu ini menjadi $1.414 per 40 kaki. Adapun pembacaan USEC Drewry merosot 8% menjadi $2.783 per 40 kaki.
Sementara di transatlantik, indeks spot menunjukkan erosi tarif angkutan yang mungkin akan segera berakhir. Hal ini terlihat dari tarif rata-rata FBX Eropa Utara ke USEC datar minggu ini menyentuh angka $2.082 per 40 kaki, sementara pembacaan XSI turun tipis hanya 1% menjadi $2.057.
Meski demikian, ada tarif yang disebut-sebut oleh operator transatlantik pada tingkat yang jauh lebih rendah di pasar, dimana dalam beberapa kasus hanya $1.200 per 40 kaki. Ini dibandingkan dengan tarif spot bulan Maret sebesar $4.000 per 40 kaki dan hingga $8.000 setahun yang lalu.
Namun dengan tarif pengiriman pada perdagangan lain menurun tajam, operator telah menyuntikkan lebih banyak kapasitas ke transatlantik, sehingga memberikan tekanan pada tarif pengiriman.
Salah satu eksekutif operator di Multimodal menduga beberapa kompetitor membuang tarif pada rute tersebut.
“Saya tidak berpikir mereka tahu apa yang mereka lakukan, hanya orang-orang di tabel tarif yang telah diberi lampu hijau untuk melemahkan pesaing dan seringkali itu merupakan bagian yang besar pada saat itu,” katanya.